Simpel PAS

Home » Makalah » Pengembangan Program Analisis Soal Berbasis Komputer

Pengembangan Program Analisis Soal Berbasis Komputer

This slideshow requires JavaScript.

ABSTRACT

THE DEVELOPMENT OF ITEM ANALYSIS PROGRAM
COMPUTER BASED
By
Muhamad Khotib

The aims of this research are (1) to develop item analysis program computer based which can help teacher in conducting item analysis; (2) to know the effectiveness of using computer based item analysis program using in conducting item analysis.

This research was done through 7 steps of research and development which was adapted from R & D Cycle Borg and Gall model, there are research and information collecting, planning, develop preliminary product, preliminary field testing, preliminary product revision, main field testing, and operational product revision. Product design was done through 4 steps system life cycle (SLC) development model, namely planning, analysis, plan and application. Products were evaluated by colleague evaluation, information system experts and evaluation expert and product testing has been carried out at 10 junior school and senior high school. The data taken were then analyzed by using qualitative analysis and statistical t-test.

The conclusions of this research and development are (1) to produce a creation and innovation product in form of item analysis software “Simpel PAS”. This program has the advantages in operating speed, practical, comprehensive coverage, the sharpness of analysis result interpretation and is equipped with a reference, user guide and tutorial program. The facilities provided are: tabulation of data, table of score, analysis of absorptive capacity, completeness competence, item differ power, difficulty level, the effectiveness of humbug, item quality, the reliability and validity as well as graphing the results of analysis; (2) Simpel PAS is more effective than the existing products, it can be seen from the operating speed, productivity, working comfortness, user friendly, analysis completeness, ease of analysis result interpretation, with effectiveness average score 89% and other product 71% it means μ_1>μ_2. It is strengthen with the results of statistical test with t-test of right side obtained tcount = 14,02 and ttable = 1,76. Because tcount > ttable therefore it refuses zero hypothesis and accepts alternative hypothesis which expresses that Simpel PAS program is better than any other program to assist educator in conducting analysis easily.

Keyword: Item Analysis Software

Pendahuluan
Untuk melihat keberhasilan pembelajaran perlu dilakukan penilaian dan analisis terhadap hasil evaluasi. Analisis dilakukan untuk melihat validitas dan efektivitas instrument, serta untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan proses pembelajaran serta ketercapaian kompetensi.
Ada tiga sasaran pokok ketika guru melakukan analisis terhadap hasil belajar, yaitu terhadap guru, siswa dan prosedur pembelajaran.Fungsi analisis untuk guru terutama untuk mendiagnosis keberhasilan pembelajaran dan sebagai bahan untuk merevisi dan mengembangkan pembelajaran dan tes. Bagi siswa, analisis diharapkan berfungsi mengetahui keberhasilan belajar, mendiagnosa mengoreksi kesalahan belajar, serta memotivasi siswa belajar lebih baik
Menurut Ebel dan Frisbie (1991: 225) analisis soal adalah suatu alat yang digunakan untuk meningkatkan kualitas tes dan untuk mengumpulkan suatu materi yang bermutu tinggi. Sedangkan menurut Arikunto (2009: 205), analisis butir soal adalah suatu prosedur yang sistematis yang dilakukan pada butir soal, yang akan memberikan informasi-informasi yang penting dan khusus terhadap butir soal yang dibuat.
Berdasarkan hasil penilaian kebutuhan pendidik memerlukan sebuah program analisis yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan pendidik dalam bekerja.Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dan pengembangan untuk membuat dan mengembangkan program analisis yang dibutuhkan oleh pendidik.

Metode Penelitian
Populasi penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall. Borg and Gall memiliki 10 langkah penelitian, yaitu: research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, and dissemination and implementation Borg and Gall (1979: 626). Tetapi dengan keterbatasan waktu dan biaya penelitian ini hanya dilakukan 7 langkah.

Hasil Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan 7 langkah model Borg and Gall, menghasilkan sebuah produk kreasi dan inovasi berupa software analisis soal “Simpel PAS”. Program ini memiliki keunggulan dalam kecepatan kerja, kepraktisan, cakupan layanan yang lengkap, ketajaman interpretasi hasil analisis dan dilengkapi dengan referensi, petunjuk penggunaan dan tutorial program

Kesimpulan

  1. Penelitian ini dilakukan dengan 7 langkah penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang menghasilkan sebuah produk berupa software aplikasi berbasis Microsoft Excel 2007 yang berfungsi menganalisis butir soal dan hasil belajar yang mudah digunakan.Memiliki fasilitas layanan yang lengkap, antara lain: tabulasi data jawaban, daftar nilai (soal pilihan jamak, soal uraian dan gabungan soal pilihan jamak dan uraian), analisis daya serap butir soal dan daya serap kompetensi dasar, ketuntasan KD masing-masing peserta ujian/ peserta didik dan ketuntasan masing-masing KD yang diujikan, tingkat kesukaran butir soal,  daya beda soal, efektivitas pengecoh, kualitas soal, reliabilitas, validitas, ikhtisar hasil analisis, kisi-kisi soal jamak, grafik hasil analisis, format pembelajaran remedial dan pengayaan. Semua fasilitas program merupakan keunggulan produk hasil pengembangan sangat membantu pendidik dalam melakukan analisis dengan cepat dan praktis.
  2. Program hasil pengembangan lebih efektif dari produk yang sudah ada, dilihat dari kecepatan kerja, produktivitas, kenyamanan kerja, kemudahan penggunaan, kecukupan analisis, kemudahan interpretasi hasil analisis. Rata-rata penilaian produk Simpel PAS 89% dan produk lain 0,71. Hal ini berarti  μ_1  > μ_2  , artinya rata-rata skor efektivitas penggunaan program Simpel PAS lebih besar dari rata-rata skor penggunaan program selain Simpel PAS. Dikuatkan dengan uji t pihak kanan t hitung = 14,02 lebih besar dari nilai ttabel = 1,76 mengakibatkan hipotesis nol ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan efektivitas penggunaan program Simpel PAS lebih baik dari program yang sudah ada dalam membantu pendidik melakukan analisis soal.

Daftar Pustaka

Anderson, Lorin W. dkk.2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing, A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), . Jakarta: Bumi Aksara

Azwar, Saifuddin. 2007. Tes Prestasi Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bloom, Benyamin S. 1979.Taksonomy of Educational Objectives ( TheClasification of  Educational Goals ) Handbook 1 Cognitive Domain. London: Longman Group Ltd.

Borg & Gall, 1979. Educational Research: an introduction. New York: Longman, Inc.

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI

_________. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Biro Hukum BPK RI.

_________. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

_________. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Biro Hukum BPK RI.

_________. 2010. Panduan Analisis Soal. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

_________. 2010. Juknis Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ebel and Frisbie. 1991. Essentials of Educational Measurement Fifth Edition. Yew Jersey: Prentice Hall Inc.

Elliot, Stephen N, etl. 2000. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning, Third Edition. Singapore: Mc. Graw-Hill Higher Education.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

_____________. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayat, Bahrul. 1997. Analisis Butir Soal dengan Bigsteps. Jakarta: Depdikbud Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan.

Hopkins, Charles D. 1990. Classroom Measurement and Evaluation Third Edition.Illionis: F.E. Peacock Publisher, Inc.

Kadir, Abdul & Terra Ch. Triwahyuni. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Bandung: http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-1213106-105252/  (19-11- 2010 pukul 17.45)

McLeod.RaymoundJr and Shell, George. 2004.  Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Indeks

Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nasir, Moh. 2003.  Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

O’Brien, James A. 2005. Pengantar Sistem Informasi. Jakarta. Salemba empat.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Richey, Rita C. Klein. 2007. Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc,

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sukardi. 2008.  Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Surapranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil – Implementasi Kurikulum 2004. Jakarta: Rosda Karya Bandung.

Surya, Mohamad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran.Jakarta : Mahaputra Adidaya.

Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Syah, Muhibin. 2005.  Psikologi Belajar.  Jakarta :RajaGrafindo Persada.

Toha, Chabib. 2003.Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

West Chester University. 2007. Software Application Training Unit, Software Application Tutorial Microsoft Excel 2007. http://www.reading.ac.uk/web/files/its/ExcelInter.pdf (17-12-2010 pukul 7.45)

Zwass, Vladimir. 1998. Foundations of Information System. Singapore: McGraw-Hill Companies Inc.

%d bloggers like this: