Simpel PAS

Home » Informasi » UJI KOMPETENSI GURU Online

UJI KOMPETENSI GURU Online

This slideshow requires JavaScript.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP-PMP) Kemdikbud, mulai 30 Juli 2012 akan melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) bersertifikasi sebanyak 1.020.000 guru di seluruh Indonesia. UKG akan berlangsung secara online serempak di seluruh Indonesia. Pelaksanaan UKG akan dibagi dalam 3 tahap. Tahap Pertama akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli s.d 4 Agustus 2012, Tahap Kedua akan dilaksanakan tanggal 7 s.d 11 Agustus 2012. Tahap pertama dan tahap kedua diperuntukan untuk guru TK, SD, SMP,SMA, SMK dan SLB. Sedangkan tahap ketiga diperuntukan untuk kepala sekolah dan pengawas.

UKG akan berlangsung secara online dengan durasi waktu 150 menit. 30 menit pertama digunakan untuk pengenalan dan demo sistem kepada peserta dan 120 menit digunakan untuk ujian. UKG akan dilaksanakan ditempat-tempat yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten. Satu tempat ujian paling banyak dapat menampung 240 peserta selama 5 hari kerja. Satu hari dibagi dalam 3 tahap pelaksanaan ujian. Satu tahap diperuntukan untuk 20 peserta ujian.

Pelaksanaan ujian akan dimulai dari guru SMP, SMA, SMK, SD, TK dan terakhir SLB. Pembagian kuota tahap pertama dan tahap kedua ditentukan oleh komposisi jumlah peserta dikabupaten/ kota dimana guru berdinas. Di kabupaten Lampung Timur tempat saya bekerja paling tidak ada 4.683 peserta yang akan mengikuti ujian dari TK sampai SMK. Guru SMP ada 1.191 peserta, guru SMA ada 592 peserta, SMK ada 180 peserta, guru SD ada 2.471 peserta, guru TK ada 126 peserta, guru SLB ada 4 peserta dan pengawas ada 119 peserta.

Kemungkinan besar di kabupaten Lampung Timur tahap pertama akan diikuti oleh guru SMP, SMA, dan SMK serta sebagian guru SD. Tahap kedua akan di ikuti oleh guru SD, TK dan SLB. Sedangkan kepala sekolah dan pengawas pada tahap ketiga.

SILAHKAN DWONLOAD

Materi TOT Tim Teknis UKG Online Disini

Panduan Uji Kompetensi Guru (UKG)

Kisi-kisi UKG

Silahkan pelajari bagaiman UKG online yang akan dilaksanakan dari materi TOT Timteknis UKG online diatas. Atau temen-temen bisa juga langsung membuka situs UKG online Kemdikbud.

http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru/

Selamat mengikuti Ujian Kompetensi Guru secara semoga berhasil. Bagi yang belum berhasil jangan khawatir tidak akan mempengaruhi nasib kita pada sertifikasi tidak akan kehilangan tetapi akan masuk dalam daftar target pembinaan sleanjutnya.


Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: