Simpel PAS

Home » Penilaian » Prosedur Penilaian oleh Pendidik

Prosedur Penilaian oleh Pendidik

This slideshow requires JavaScript.

Oleh Muhamad Khotib, M.Pd (guru SMAM Sekampung Udik)

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan, bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Penilaian ini dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Berbagai macam ulangan dilaksanakan dengan menggunakan teknik dan instrumen yang sesuai dengan kebutuhan.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk (a) menilai pencapaian kompetensi peserta didik, (b) bahan penyusunan laporan hasil belajar, dan (c) memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian dilakukan dengan menggunakan berbagai instrumen baik tes maupun nontes atau penugasan yang dikembangkan sesuai dengan karateristik kelompok mata pelajaran.

Penilaian yang dilakukan oleh pendidik harus terencana, terpadu, menyeluruh, dan berskesinambungan. Dengan penilaian ini diharapkan pendidik dapat (a) mengetahui kompetensi yang telah dicapai peserta didik, (b) meningkatkan motivasi belajar peserta didik, (c) mengantarkan peserta didik mencapai kompetensi yang telah ditentukan,   (d) memperbaiki strategi pembelajaran, dan (e) meningkatkan akuntabilitas sekolah.

Penilaian oleh pendidik dibawah koordinasi satuan pendidikan dilakukan dengan melaksanakan:

1)      Ulangan Harian (UH) sehingga diperoleh Nilai Harian (NH)

2)      Ulangan Tengah Semester (UTS) sehingga diperoleh Nilai Tengah Semester (NTS)

3)      Ulangan Akhir Semester (UAS) sehingga diperoleh Nilai Akhir Semester (NAS)

4)      Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sehingga diperoleh Nilai Kenaikan Kelas (NKK)

Bagan Prosedur Penilaian oleh Pendidik

Secara umum prosedur penilaian yang dilakukan oleh pendidik dapat digambar pada bagan di bawah ini.

Prosedur Penilaian Pendidik

Referensi:

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Ujian Nasional dan Ujian Sekolah sesuai dengan tahun pelajaran;
  5. SK Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 12/C/KEP/TU/2008 tentang Bentuk dan Tata Cara Penyusunan laporan Hasil Belajar Peserta Didik Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  6. Juknis Penilaian KTSP SMA dari Dirjen
  7. Standar Penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan (Bsnp) Oleh Endang Poerwanti
  8. Hasil diskusi kelompok utusan tim sekolah pada Workshop MGMP di Islamic Lampung Timur tanggal 3-4 Desember 2012
  9. Manual Penggunaan Program Simpel PAS oleh Muhamad Khotib
  10. Manual Penggunaan Program Simpel TEACH oleh Muhamad Khotib
  11. Manual Penggunaan Program Simpel LHB oleh Muhamad Khotib

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: