Simpel PAS

Home » Borg and Gall » Perancangan Produk Awal Simpel PAS

Perancangan Produk Awal Simpel PAS

This slideshow requires JavaScript.

oleh Muhamad

Pengembangan produk pada penelitian yaitu membuat aplikasi program analisis soal berbasis komputer, yang diberinama Simpel PAS. Produk yang dikembangkan terdiri dari tiga macam, satu produk utama adalah aplikasi Simpel PAS dan dua produk pendukung, berupa buku petunjuk penggunaan program dan animasi tutorial program. Produk awal program simpel PAS dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel 2007, dengan pertimbangan program ini banyak digunakan pendidik dan memiliki fasilitas dan fungsi yang sangat lengkap.

Manual program merupakan panduan praktis pengoperasian program simpel PAS. Buku ini dibuat dan didesain dengan bantuan Microsoft Word 2007 dan Corel Draw ver 14. Tujuan pembuatan buku ini adalah membantu pengguna dalam memahami cara pengoperasian Simpel PAS untuk melakukan analisis, serta membantu memahami proses dan prosedur yang dilakukan program dalam menganalisis.

Tutorial program Simpel PAS dibuat dan diproduksi dengan menggunakan Microsoft Power Point 2007 dan Camtasia Studio 7 untuk membantu proses recording screen. Tutorial ini berisi animasi penggunaan program Simpel PAS dalam menganalisis soal.

Selanjutnya kami paparkan proses pembuatan ketiga produk sebagaimana diuraikan di atas secara lebih lengkap dan rinci, sebagai berikut:

Pembuatan program Simpel PAS dilakukan dengan cara membangun fungsi dan rumus serta fasilitas lain yang disediakan oleh Microsoft Excel 2007 sehingga program ini mampu memiliki sistem dalam melakukan proses analisis. Menurut O’Brien (2005: 33) sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang saling berhubungan, bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur.

Sistem ini bersifat dinamis yang memiliki tiga komponen utama, yaitu: input, proses dan output yang saling berinteraksi, berhubungan, saling ketergantungan dan terpadu. Proses sistem dimulai dari input yang akan menterjemahkan data manual kedalam data digital yang dibutuhkan dalam proses selanjutnya. Selanjutnya output dari bagian input ini akan menjadi input bagian proses. Bagian proses selanjutnya akan melakukan proses perhitungan, perbandingan, klasifikasi dan transformasi sehingga data menjadi informasi yang berguna. Selanjutnya informasi yang dihasilkan oleh bagian proses akan ditampilkan oleh bagian output.

Pembuatan program Simpel PAS menggunakan siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) yaitu penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. SLC memiliki 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan (2) Analisis (3) Rancangan (4) Penerapan dan (5) Penggunaan. Setiap bagian dalam program ini menggunakan SLC untuk melihat apakah sistem atau subsistem yang dibangun berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Secara garis besar program simpel PAS terdiri dari 5 bagian subsistem, yaitu master, input, proses, output dan referensi. Setiap subsistem dikembangkan dengan lima langkah SLC seperti yang dibahas pada kajian pustaka. Ada empat komponen utama yang dilakukan dalam perancangan produk awal Simpel PAS, yaitu: penyiapan form, pembuatan rumus dan fungsi, pembuatan link, pembuatan format form.

a.  Penyiapan Form

Pada tahap ini, peneliti harus menganalisis berapa jumlah form yang perlu dipersiapkan untuk seluruh sistem yang akan dibuat. Form yang harus dipersiapkan ada empat macam, yaitu form utama, form master, form input, form output, dan form perhitungan.

Form utama adalah form tempat shortcut dalam bentuk button dan daftar sub menu yang disediakan oleh program. Form master terdiri dari form master sekolah, pendidik dan mata pelajaran, form master peserta didik, dan form master indikator penilaian. Form input terdiri dari bagian input kunci jawaban, input kriteria ketuntasan dan input jawaban peserta didik

Form output merupakan tempat hasil perhitungan penilaian dan analisis ditampilkan. Form ini terdiri dari form daftar nilai, form analisis penguasaan materi, form analisis butir soal pilihan jamak, form analisis butir soal uraian, form analisis validitas soal pilihan jamak, form analisis validitas butir soal uraian, form analisis reliabilitas soal pilihan jamak, form analisis reliabilitas soal uraian, form daftar ketuntasan peserta didik.

Form perhitungan adalah form yang khusus disediakan untuk seluruh proses perhitungan dan analisis yang dijalankan oleh komputer. Bagian ini merupakan bagian terpenting dari keseluruhan proses sistem analisis soal.

b.  Pembuatan Rumus dan Fungsi

Pada tahap ini, peneliti melakukan pembuatan rumus dan fungsi yang digunakan dalam proses perhitungan dan analisis. Rumus dan fungsi ini ditempatkan di semua sheet yang digunakan. Fungsi dan rumus yang digunakan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu untuk menghitung nilai, menghubungkan nilai dengan form serta menganalisis hasil penilaian. Semua prosedur dan proses yang dilakukan oleh Simpel PAS menggunakan rumus dan fungsi serta tidak menggunakan program makro atau fasilitas Visual Basic for Applications yang disediakan oleh Microsoft Excel.

c.  Pembuatan Link

Link atau hyperlink merupakan sarana utama untuk mengkomunikasikan data yang ada dalam suatu cell dengan cell yang lain. Ada tiga macam link yang akan dibuat yaitu link antar form, link antara form dengan cell, dan link antar cell. Semua form yang ada pada program terhubung dengan menggunakan link antar cell. Data awal yang ada pada form master di link ke form input kemudian di link ke form perhitungan kemudian hasil perhitungan dan analisis di link ke form output. Sirkulasi data pada program dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

Link antar Form

Gambar Bagan Link antar Form

d.  Pembuatan Format Form

Pada tahap ini semua form di atur baik bentuk, lebar kolom dan tinggi baris maupun pewarnaan yang diberikan pada setiap form dan cell. Bagian ini menjadi amat penting untuk memberikan motivasi dan komunikasi yang akan memudahkan pengguna memahami program. Yang paling penting format form diharapkan meningkatkan keberminatan pengguna terhadap program.


Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: