Simpel PAS

Home » Borg and Gall » Penelitian dan Perencanaan Pengembangan Simpel PAS

Penelitian dan Perencanaan Pengembangan Simpel PAS

This slideshow requires JavaScript.

oleh Muhamad Khotib, M.Pd. (alumni pasca teknologi pendidikan Univeritas Lampung)

Penelitian dan Pengumpulan Data Awal

Proses penelitian dan pengumpulan data awal pengembangan Simpel PAS merupakan proses awal dalam penelitian dan pengembangan program analisis soal yang saya lakukan. Kegiatan yang akan dilakukan adalah melakukan kajian pustaka, penilaian kebutuhan, analisis program yang sudah ada dan merancang kerangka kerja penelitian dan pengembangan. Pada kajian pustaka, peneliti melakukan pengkajian terhadap pemahaman dan proses serta prosedur perhitungan dan analisis hasil penilaian pembelajaran secara manual dan pengkajian perhitungan dan proses analisis dengan bantuan Microsoft Excel. Kajian pemahaman perhitungan dengan bantuan komputer mengikuti pola terbuka artinya semua kemungkinan rumus dan fungsi yang disediakan Microsoft excel dapat digunakan. Kajian ini juga termasuk pada file template dan add-in yang dibuat oleh perorangan maupun lembaga baik berupa buku maupun data digital dari situs penyedia data.

Penilaian kebutuhan dilakukan untuk mengetahui tingkat kebutuhan pendidik akan perlunya alat bantu komputer dalam melakukan analisis soal. Alat bantu yang memungkinkan pendidik dapat melakukan proses analisis soal lebih efektif dan efisien. Analisis kebutuhan dilakukan di SMAN 1 Bandar Sribhawono, SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik, dan SMP Muhammadiyah 1 Sekampung.

Perencanaan Pengembangan Simpel PAS

Pada kegiatan ini peneliti merumuskan tujuan khusus yang ingin dicapai dengan dikembangkannya produk; memperkirakan dana, tenaga, dan waktu yang diperlukan untuk melakukan pengembangan; merumuskan kemampuan peneliti, merancang prosedur kerja, dan bentuk-bentuk partisipasi yang diperlukan selama penelitian dan pengembangan suatu produk; dan merancang uji kelayakan yang akan dilakukan untuk menguji validitas dan kelayakan produk yang akan di buat.

Bagian terpenting pada tahap perencanaan adalah perancangan sistem atau alur kerja dari produk yang akan dibuat. Produk akan dikembangkan dengan menggunakan program Microsoft Excel 2007. Program akan ditempatkan dalam lembar kerja yang ada dalam buku kerja excel, yang merupakan interface dari Microsoft Excel.

Bagan ini dimulai dari penyiapan master data, dilanjutkan dengan menginput data berupa jawaban peserta didik untuk soal yang diberikan. Setelah data diinput maka program akan secara otomatis melakukan proses pengkodean pada jawaban yang diinput pada form input. Secara umum bagan kerja program akan dijabarkan pada gambar di bawah.

sistem kerja analisis

Gambar Bagan kerja sistem analisis soal

 Proses Pengkodean adalah proses pemecahan jawaban dari satu kolom untuk seluruh jawaban menjadi satu kolom untuk tiap jawaban butir soal. Proses ini menggunakan fungsi Mid (text, start_num,num_chart) yang akan melakukan pengambilan teks pada kunci jawaban sesuai dengan letak karakter dan jumlah pada teks kunci jawaban peserta didik. proses  selanjutnya adalah proses penilaian.

Proses penilaian adalah proses untuk menilai benar atau salah jawaban peserta didik dibandingkan dengan kunci jawaban soal. Jawaban yang benar bernilai satu dan jawaban salah bernilai nol. Kemudian menjumlahkan jawaban yang benar untuk setiap peserta didik baik soal pilihan jamak maupun soal uraian. Hasil proses penilaian ini pada akhirnya akan menjadi input dari proses analisis yang akan dilakukan.

Proses Analisis adalah proses pengklasifikasian jawaban sesuai dengan aturan analisis yang akan dilakukan. Yang pertama mengurutkan hasil penilaian dan memisahkan menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok atas, kelompok normal dan kelompok bawah. Kelompok atas adalah kelompok yang memiliki nilai tinggi, kelompok bawah adalah kelompok yang memiliki nilai rendah. Pengambilan kelompok atas dan kelompok mengikuti rendah jumlah peserta didik antara 20% sampai 50% dari jumlah total peserta didik. Perbandingan jumlah kelompok atas dan jumlah kelompok bawah merupakan dasar untuk menganalisis butir soal, analisis validitas dan reliabilitas.

Proses Penampilan  adalah proses menampilkan hasil perhitungan dan analisis dalam bentuk form output yang disediakan. Penggunaan link cell merupakan cara yang digunakan sehingga tampilan ini bersifat real-time. Artinya setiap perubahan yang terjadi pada cell input akan mempengaruhi data yang ditampilkan dalam form tampilan. Tampilan setiap hasil analisis dilengkapi dengan tampilan proses perhitungan dan referensi yang digunakan dalam proses perhitungan tersebut. Penampilan ini akan mempermudah pengguna dalam memahami proses perhitungan, proses analisis dan landasan teori yang digunakan.

 

Tulisan ini saya tampilkan juga di http://www.simpelpas.ltim.in

Referensi :

Muhamad Khotib, 2011, Tesis Penelitian dan Pengembangan Program Analisis Soal berbasis Komputer, Univeritas Lampung (tidak diterbitkan)

Borg & Gall, 1979. Educational Research: an introduction. New York: Longman, Inc.


Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: