Simpel PAS

Home » Makalah » Siklus Hidup Sistem

Siklus Hidup Sistem

This slideshow requires JavaScript.

Menurut McLeod and Shell (2004: 133), Siklus Hidup Sistem (System Life Cycle – SLC) adalah penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. SLC terdiri dari serangkaian tugas yang erat mengikuti langkah-langkah pendekatan sistem. SLC sering disebut sebagai pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem. SLC terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan (2) Analisis (3) Rancangan (4) Penerapan dan (5) Penggunaan.  Gambar 2.3. menggambar bagaimana tahap-tahap siklus hidup membentuk suatu pola lingkaran.

SLC

Gambar  Siklus Hidup Sistem Model McLeod and Shell

Menurut O’Brien (2005: 510) pengembangan sistem menggunakan pendekatan sistem dan dikembangkan menggunakan proses multilangkah yang disebut siklus pengembangan sistem informasi (information system development cycle) atau lebih dikenal dengan siklus hidup pengembangan sistem (System Development Life Cycle – SDLC). Proses SDLC mencakup langkah (1) investigasi, (2) analisis, (3) desain, (4) implementasi dan (5) pemeliharaan.

Pengembangan sistem harus dipahami bahwa aktivitas yang terlibat sangat berhubungan satu dengan yang lainnya dan saling terikat. Oleh karena itu pada praktiknya, beberapa aktivitas pengembangan kadang muncul dan dilakukan secara bersamaan. Artinya setiap langkah pengembangan dapat dilakukan secara acak dengan memperhatikan hasil analisa. Gambar 2.4 mengilustrasikan konsep pengembangan dengan model SDLC.

Menurut Sutabri (2004: 15) siklus hidup sistem (system life cycle) adalah proses evolusioner yang diikuti dalam penerapan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. Siklus hidup sistem terdiri dari serangkaian tugas yang mengikuti langkah-langkah pendekatan sistem.

SLC Detail

Gambar  Siklus Hidup Pengembangan Sistem Model O’Brien

Berdasarkan tiga pendapat di atas menurut penulis siklus hidup sistem adalah proses pengembangan sistem dan subsistem berbasis komputer yang dinamis dan berputar. Artinya pengembangan sistem tersebut berjalan dan dicobakan untuk dioperasikan dari perencanaan, analisis, perancangan, penggunaan, dan penerapan.


Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: