Simpel PAS

Home » Kurikulum 2013 » Raport SMK Kurikulum 2013

Raport SMK Kurikulum 2013

This slideshow requires JavaScript.

Akhirnya SK yang ditunggu muncul juga SK Dirjen No. 781/D/KP/2013 tentang Bentuk dan Tatacara Penyusunan Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) tanggal 29 Oktober 2013 ditanda tangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menangah Prof. Dr. Ir. Ahmad Jazidie, M.Eng.

Dibandingkan dengan raport KTSP untuk SMK ada beberapa perbedaan mendasar, diantaranya: aspek penilaian, pembuatan deskripsi, rentang nilai dan bentuk raport. Sama dengan raport SMA/MA, raport SMK juga mewarisi proses penilaian yang lebih rumit dibandingkan dengan penilaian KTSP. Mulai dari rentang nilai 1-4 dan pembuatan deskripsi catatan pencapaian kompetensi untuk setiap aspek penilaian untuk semua mata pelajaran yang di ajarkan.

Sekolah-sekolah yang sekarang ini menjadi sekolah sasaran pertama implementasi K-13 mengalami tekanan yang berat, pertama Juknis belum muncul, Buku sumber sangat terbatas. Untuk mensikapi itu semua emka productions mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda, kreatif dan inovatif dalam mengatasi permasalahan penilaian K-13. Sistem penilaian K-13 kami buat bagan dasarnya sebagai berikut:

Nilai Pengetahuan (Prosedur)Nilai Keterampilan (Prosedur)Nilai Sikap (Prosedur)

.

Aplikasi Simpel LCK SMK

Untuk memudahkan guru dan sekolah dalam melakukan proses penilaian, pembuatan catatan pencapaian kompetensi, Pembuatan Leger Nilai, Buku Induk dan Raport Kurikulum 2013, Kami mengembangkan aplikasi sederhana yang diberinama Simpel LCK SMK. Simpel LCK SMK adalah aplikasi Sistem Penilaian dan Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik yang khusus digunakan pada Kurikulum 2013 di SMK dan MAK. Program ini dibangun dengan konsep yang inovatif sehingga sangat membantu guru bekerja lebih mudah, lebih cepat dan lengkap.

Guru tidak perlu repot-repot menghitung, mengkonversi nilai, membuat catatan pencapaian kompetensi untuk nilai Pengetahuan. Cukup hanya menginput nilai harian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester maka Nilai Akhir Pengetahuan sudah muncul secara otomatis. Bahkan Deskripsi Catatan Pencapaian Kompetensi juga muncul secara otomatis sesuai dengan karakter nilai harian.

menu utama LCK SMK

Tampilan muka dari Simpel LCK SMK.

Secara garis besar program Simpel LCK terdiri dari 3 bagian, yaitu Pengaturan Data, Input Nilai dan Pencetakan Data Hasil Pengolahan Nilai. Bagian Pengaturan digunakan untuk menginput dan memasukan data-data dasar yang dibutuhkan dalam pengolahan nilai dan pembuatan Laporan Capaian Kompetensi.  Menu navigasi untuk mengakses Pengaturan Data dibuat sangat mudah digunakan dan cepat.

Pengaturan Data

Menu Pengaturan Data.

Menu ini digunakan mengakses pengaturan semua data yang dibutuhkan antara lain, data sekolah, data kelas, data kurikulum, pengaturan kenaikan kelas, data ekskul, data peserta didik dan tabel konversi. Pengguna hanya perlu meng-Klik button yang ada di sebelah kanan menu, seterusnya akan masuk pada menu pengaturan sekolah (misalnya) kalau yang di Klik pengaturan sekolah, mengisi dan melengkapi data setelah selesai Klik Home untuk kembali ke menuy utama.

Fasilitas yang dimiliki oleh Simpel LCK SMK.

  • Perhitungan dan Pembuatan Catatan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik

Data nilai pada semua aspek penilaian mata pelajaran merupakan aspek penting yang akan di olah dan dihitung secrat di buatkan profil atau catatan deskripsinya. Ada tiga bagian data yang di olah, yaitu data nilai untuk aspek Pengetahuan, aspek Praktek dan Aspek Sikap. Secara keseluruhan data nilai akan diinput dalam satu form input yang sama yang terdiri dari 3 bagian.

ASPEK PENGETAHUAN 

Data nilai untuk aspek pengetahuan yang diinput ke dalam program adalah Nilai Harian (NH) atau Nilai Proses yang merupakan capaian kompetensi dari tes dan penugasan. Nilai Ulangan Tengah Semester dan Nilai Ulangan Akhir semester. Selain data nilai data yang diinput adalah data rumusan  kompetensi yang akan dijadikan dasar pembuatan catatan capaian kompetensi masing-masing KD. Cukup sampai disitu tugasnya guru dalam mengolah nilai dengan menggunakan Simpel LCK. Selanjutnya program akan langsung menghitung nilai akhir, menkonversi menjadi rentang interval 0-4, predikat dan membuat deskripsi catatan capaian kompetensi.

ASPEK PRAKTEK 

Data nilai untuk aspek praktek yang diinput ke dalam program adalah Nilai Praktek Harian (NH) atau Nilai Proses yang merupakan capaian kompetensi dari praktek. Nilai Projek dan Nilai Portofolio. Selain data nilai data yang diinput adalah data rumusan  kompetensi yang akan dijadikan dasar pembuatan catatan capaian kompetensi masing-masing KD. Cukup sampai disitu tugasnya guru dalam mengolah nilai dengan menggunakan Simpel LCK. Selanjutnya program akan langsung menghitung nilai akhir, menkonversi menjadi rentang interval 0-4, predikat dan membuat deskripsi catatan capaian kompetensi.

ASPEK SIKAP

Data nilai untuk aspek praktek yang diinput ke dalam program adalah Beberapa Nilai Observasi Sikap atau Nilai Proses yang merupakan capaian kompetensi dari praktek. Nilai Penilaian Diri, Penilaian Sejawat dan Jurnal. Selain data nilai data yang diinput adalah data rumusan  kompetensi yang akan dijadikan dasar pembuatan catatan capaian kompetensi masing-masing KD. Cukup sampai disitu tugasnya guru dalam mengolah nilai dengan menggunakan Simpel LCK. Selanjutnya program akan langsung menghitung nilai akhir, predikat dan membuat deskripsi catatan capaian kompetensi.

Form Penilaian Pengetahuan

Penilaian Sikap LCKPenilaian Pengetahuan LCK 2

Penilaian Sikap LCK 2

.

  • Penilaian Kegiatan Ekstra Kurikuler

Kegiatan Ekskul

Menu pengisian kegiatan ekstra kurikuler

.

  • Pengelolaan Kehadiran Peserta Didik

absensi

.

  • Catatan Prestasi Peserta Didik

prestasi

.

  • Penilaian Sikap Antar Mapel

antar mapel

.

  • Pembuatan Leger Nilai Kelas

leger

.

  • Pembuatan Buku Induk

Buku Induk

.

  • Pembuatan Raport – Laporan Capaian Kompetensi

 Raport LCK SMK

Raport LCK SMK 2

.

  • Pencetakan Rapor Sisipan

sisipan

.

  • Pengaturan Konversi Nilai

konversi

.

PROSEDUR PEMESANAN PRODUK

.
pelajari  cek harga  pesan  bayar  kirim


7 Comments

  1. ABDUL GOFUR says:

    Terimakasih gan ,,ijin sedot ..semoga amal anda diblas dg pahala yg baik..aamiin

  2. anotherorion says:

    boleh tau harganya pak?

  3. Bambang Sdy says:

    assalamualaikum wr wb.
    selamat siang Bos ..!
    simple LCk sepertinya sangat indah dalam membatu wali kelas dan guru, gmana kalau aku bisa mendapatkannya………!
    wassalam.

  4. Enos Umbu Kaleka says:

    setelah saya membaca tentang penggunaan Aplikasi Simpel LCK SMK sangat menarik dalam arti memudah pekerjaan seorang wali kelas, untuk itu mohon kirimkan aplikasinya lewat EmailKu : enosumbukaleka@yahoo.co.id. terima kasih dan atas kerja sama untuk mensukseskan k13

  5. Nasrullah S. SMKN 1 MAKALE TANA TORAJA. says:

    Simple lck nampakx sangat praktis n bs membantu, apa bisa diinstalbdi banyak komputer n dpt digunakan slamanya.

  6. RooY Ryan Fidiaz says:

    Bos, Model simpel pas tuk raport, ada yg gratis apa gak nih?????

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s