Simpel PAS

Home » Kurikulum 2013 » Raport SMA Kurikulum 2013

Raport SMA Kurikulum 2013

This slideshow requires JavaScript.

Simpel LCK adalah sistem penilaian dan laporan capaian kompetensi peserta didik berbasis komputer.  Program ini dirancang menggunakan program Microsoft Excel dan bisa bekerja dengan bantuan Microsoft Excel 2007 ke atas. Program ini merupakan solusi bagi guru, wali kelas dan sekolah dalam mensikapi implementasi Kurikulum 2013 di sekolah. Berbagai kesulitan yang dialami oleh guru terutama dalam pengolahan ini dapat teratasi.

Program ini sangat membantu guru dalam melaksanakan sistem penilaian autentik pada proses pembelajaran Kurikulum 2013. Dengan program ini guru hanya menginput nilai harian, uts dan uas maka pengolahan nilai sudah dapat dilaksanakan.  Perhitungan nlai akhir tidak perlu dilakukan oleh guru tapi dikerjakan oleh Simpel LCK sekaligus pembuatan catatan deskripsi capaian kompetensi. Wali kelas tidak perlu repot mengolah leger, menghitung rata-rata, mencari peringkat kelas, menulis raport dll – semua sudah dilakukan dan dikerjakan dengan cepat dan lengkap oleh Simpel LCK. Tenaga tata usaha dan sekolah tidak perlu repot lagi menulis dan menyediakan buku Induk siswa – semua sudah di buatkan dan dikerjakan dengan cepat, mudah dan lengkap oleh Simpel LCK. Inti dengan Simpel LCK pekerjaan yang tadi dikerjakan dengan lama sekarang bisa dilakukan dengan capat. Tadi dikerjakan dengan rumit dan mumet sekarang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

LCK - SMA - Menu

Secara umum Simpel LCK terdiri dari 3 bagian yaitu : Bagian Pengaturan, Bagian Input dan Bagian Cetak. Bagian pengaturan digunakan untuk menyiapkan data master yang akan digunakan oleh seluruh menu dan fasilitas yang ada di Simpel LCK. Bagian Input adalah bagian atau menu untuk memasukan data pengolahan nilai yang digunakan di LCK. sedangkan bagian Cetak adalah bagian yang digunakan untuk mencetak Leger, cetak buku induk dan cetak raport.

BAGIAN PENGATURAN

Bagian Pengaturan terdiri dari 7 bagian, yaitu : Pengaturan Data Sekolah, Data Kelas, Data Kurikulum, Pengaturan Kenaikan Kelas, Data Pengembangan Diri, Data Peserta Didik dan Input Photo Peserta Didik.

  • Data Sekolah

Menu Data Sekolah digunakan untuk melengkapi dan mengatur data sekolah yang akan digunakan pada seluruh menu dan fasilitas yang ada di Simpel LCK.

LCK Data Sekolah

  • Data Kelas

Menu Data Kelas digunakan untuk melengkapi dan mengatur data kelas mulai dari tingkat, program,  penaggalan raport dan data wali kelas serta tahun pelajaran berjalan penggunaan dari Simpel LCK yang akan digunakan pada seluruh menu dan fasilitas yang ada di Simpel LCK.

LCK Data Kelas

  • Data Kurikulum

Menu Data Kurikulum digunakan mengatur Struktur Kurikulum yang terdiri dari Mata Pelajaran Wajib, Mata Pelajaran Peminatan, Mata Pelajaran Lintas dan Muatan Lokal serta dilengkapi dengan nama guru dan NIP. Data ini  akan digunakan pada seluruh menu dan fasilitas yang ada di Simpel LCK.

LCK data kurikulum

  • Data Peserta Didik

Menu Data Peserta digunakan memasukan data induk dari peserta didik  akan digunakan untuk data raport, buku induk dan  seluruh menu dan fasilitas yang ada di Simpel LCK.

LCK data siswa

Menu Data Peserta Didik Untuk mengatur dan Memasukan Data Peserta Didik / Siswa

  • Data Eksta Kurikuler

Menu Data Kegiatan Ekstra Kurikuler digunakan memasukan data nama kegiatan ekskul dan nama pembina yang akan dijadikan pilihan kegiatan ekskul yang diambil oleh peserta didik untuk kemudian diberikan nilai kualitatif dan kegaiatn yang pernah dilakukan dan digunakan pada menu menu dan fasilitas yang ada di Simpel LCK.

LCK Ekckul

Menu Kegiatan Ekstra Kurikuler digunakan untuk menginput seluruh kegiatan ekskul yang ada di sekolah

  • Pengaturan Syarat Kenaikan Kelas

Menu Pengaturan syarat kenaikan digunakan memasukan data atau aturan yang akan digunakan untuk menseleksi peserta didik yang naik kelas atau tidak sehingga bisa ditampilkan datanya pada buku nilai (leger), buku induk ataupun buku rapor (LCK).

LCK Kenaikan Kelas

Menu Pengaturan Syarat Kenaikan Kelas
  • Input Pas Photo
Menu Input Pas Photo digunakan untuk menginsert gambar photo peserta pad awal masuk dan pada akhit pendidikan di kelas XII, data ini akan digunakan dalam  buku induk ataupun buku rapor (LCK).
LCK Photo
Menu Photo digunakan untuk Menginsert Gambar Photo Awal dan Photo Akhir setiap Pesert Didik

BAGIAN INPUT DAN PENGOLAHAN DATA

  • Data Nilai Mata Pelajaran

Data nilai pada semua aspek penilaian mata pelajaran merupakan aspek penting yang akan di olah dan dihitung secrat di buatkan profil atau catatan deskripsinya. Ada tiga bagian data yang di olah, yaitu data nilai untuk aspek Pengetahuan, aspek Praktek dan Aspek Sikap. Secara keseluruhan data nilai akan diinput dalam satu form input yang sama yang terdiri dari 3 bagian.

ASPEK PENGETAHUAN 

Data nilai untuk aspek pengetahuan yang diinput ke dalam program adalah Nilai Harian (NH) atau Nilai Proses yang merupakan capaian kompetensi dari tes dan penugasan. Nilai Ulangan Tengah Semester dan Nilai Ulangan Akhir semester. Selain data nilai data yang diinput adalah data rumusan  kompetensi yang akan dijadikan dasar pembuatan catatan capaian kompetensi masing-masing KD. Cukup sampai disitu tugasnya guru dalam mengolah nilai dengan menggunakan Simpel LCK. Selanjutnya program akan langsung menghitung nilai akhir, menkonversi menjadi rentang interval 0-4, predikat dan membuat deskripsi catatan capaian kompetensi.

ASPEK PRAKTEK 

Data nilai untuk aspek praktek yang diinput ke dalam program adalah Nilai Praktek Harian (NH) atau Nilai Proses yang merupakan capaian kompetensi dari praktek. Nilai Projek dan Nilai Portofolio. Selain data nilai data yang diinput adalah data rumusan  kompetensi yang akan dijadikan dasar pembuatan catatan capaian kompetensi masing-masing KD. Cukup sampai disitu tugasnya guru dalam mengolah nilai dengan menggunakan Simpel LCK. Selanjutnya program akan langsung menghitung nilai akhir, menkonversi menjadi rentang interval 0-4, predikat dan membuat deskripsi catatan capaian kompetensi.

ASPEK SIKAP

Data nilai untuk aspek praktek yang diinput ke dalam program adalah Beberapa Nilai Observasi Sikap atau Nilai Proses yang merupakan capaian kompetensi dari praktek. Nilai Penilaian Diri, Penilaian Sejawat dan Jurnal. Selain data nilai data yang diinput adalah data rumusan  kompetensi yang akan dijadikan dasar pembuatan catatan capaian kompetensi masing-masing KD. Cukup sampai disitu tugasnya guru dalam mengolah nilai dengan menggunakan Simpel LCK. Selanjutnya program akan langsung menghitung nilai akhir, predikat dan membuat deskripsi catatan capaian kompetensi.

 

LCK Mapel
Menu Input Data Nilai untuk Pengolahan Nilai masing-masing Aspek
LCK Catatan mapel
Menu Input Rumusan Kompetensi KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4
  • Pengolahan Nilai Sikap Antar Mapel

Menu ini digunakan membuat penilaian sikap antar mapel berdasarkan nilai sikap masing-masing mata pelajaran dan review hasil rapat wali kelas bersama seluruh guru mapel. Pola kerja dari menu ini sangat sederhana hanya dengan menginput indikator penilaian sikap dan nilai aspek poin masing-masing indikator maka langsung terbentuk pola catatan sikap antar mapel yang dikehendaki.

LCk Catatan Antar Mapel
  • Data Pengembangan Diri

Menu ini digunakan untuk menginput semua kegiatan pengembangan diri dalam ekskul yang dilakukan oileh peserta didik selama satu semester. Data ini selanjutnya akan digunakan untuk leger, buku induk dan buku rapor LCK.

LCK Keg Ekskul
Menu Pengolahan Nilai Kegiatan Ekstra Kurikuler Peserta Didik

 

  • Data Ketidakhadiran Peserta Didik

Menu ini digunakan untuk menginput data ketidak hadiran peserta didik selama satu semester. Data bisa diinput setiap akhir bulan atau akhir semester. Dalam menu ini wali kelas sudah bisa mendeteksi % kehadiran peserta didik, pola pensikapan yang harus dilakukan dalam tiga sekat yang diatur. Misal dibawah 90% kehadiran peringatan 1, dibawah 80% kehadiran peringatan 2 dan dibawah 70% kehadiran peringatan 2. Pola ini dapat dikondisikan sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah.


LCK Absensi

Menu Pengisian Kehadiran Peserta Didik setiap Bulan
  • Catatan Prestasi Peserta Didik

Menu ini digunakan untuk menginput data prestasi peserta didik selama satu tahun berjalan. Data selanjut akan muncul di Leger, Buku Induk dan Buku Rapor LCK.

LCK Prestasi
Menu Pengisian dan Pengolahan Catatan Prestasi Peserta Didik

BAGIAN CETAK

Bagian Cetak adalah Bagian akhir dari pengelolaan dan pengolahan pada Sistem Penilaian Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan autentik. Dibawah ini ditampikan hasil pengolahan nilai dalam bentuk Raport, Buku Induk dan Leger.

  • Cetak Raport (LCK) Peserta Didik

Menu ini digunakan untuk mencetak buku rapor LCK (Laporan Capaian Kompetensi) setiap Peserta Didik. Untuk mencetak raport caranya mudah sekali tinggal KLIK button yang ada disamping kiri dari menu yang tersedia. Tersedia 4 menu dalam menu cetak raport, yaitu cetak lembaran depan mulai dari cover, petunjuk penggunaan dan lembaran data peserta didik. Lembaran Nilai semester 1, Lembaran nilai semester 2 dan lembaran mutasi dan catatan prestasi. Contoh hasil pencetakan bisa dilihat di bagian bawah.

LCK Cetak Raport

Contoh Hasil pencetakan lembaran raport (LCK)

Lembaran LCK 1Lembaran LCK 2

Lembaran LCK 3

Lembaran LCK 4

 

LCK raport9LCK Raport8LCK raport7LCK Raport6LCK Raport5LCK Raport3LCK Raport2

 

 

 

LCK Leger1

LCK Leger2


4 Comments

  1. gak ada link download gratis
    byar tu

  2. dimana saya bs mendonload format diatas ya? trimakasih

  3. Kenapa banyak sekali BUG+ERROR pada semester dua
    apa kami masih bisa meminta refisi yg terbaru..???
    1. peminatan nama guru tidak sesuai pengajar
    2. pelajaran extra cuma 1 yang muncul
    3. dan masih banyak lagi

    apa kami masih di perkenankan meminta refisi dari LCK yang sdh kami beli…????

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: