Simpel PAS

Home » Deskripsi Produk » Simpel Raport

Simpel Raport


Simpel RAPORT adalah sistem penilaian dan laporan capaian kompetensi peserta didik berbasis komputer.  Program ini dirancang menggunakan program Microsoft Excel dan bisa bekerja dengan bantuan Microsoft Excel 2007 ke atas. Program ini merupakan solusi bagi guru, wali kelas dan sekolah dalam mensikapi implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 di sekolah. Berbagai kesulitan yang dialami oleh guru terutama dalam pengolahan ini dapat teratasi.

Program ini sangat membantu guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013. Dengan program ini guru hanya menginput nilai harian, uts dan uas maka pengolahan nilai sudah dapat dilaksanakan.  Perhitungan nlai akhir tidak perlu dilakukan oleh guru tapi dikerjakan oleh Simpel Raport sekaligus pembuatan catatan deskripsi capaian kompetensi. Wali kelas tidak perlu repot mengolah leger, menghitung rata-rata, mencari peringkat kelas, menulis raport dll – semua sudah dilakukan dan dikerjakan dengan cepat dan lengkap oleh Simpel Raport. Tenaga tata usaha dan sekolah tidak perlu repot lagi menulis dan menyediakan buku Induk siswa – semua sudah di buatkan dan dikerjakan dengan cepat, mudah dan lengkap oleh Simpel Raport. Inti dengan Simpel Raport pekerjaan yang tadi dikerjakan dengan lama sekarang bisa dilakukan dengan capat. Tadi dikerjakan dengan rumit dan mumet sekarang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Saat ini Simpel Raport sudah tersedia untuk SMP, MTS, SMA, MA dan SMK ….

 

Secara umum Simpel LCK terdiri dari 3 bagian yaitu : Bagian Pengaturan, Bagian Input dan Bagian Cetak. Bagian pengaturan digunakan untuk menyiapkan data master yang akan digunakan oleh seluruh menu dan fasilitas yang ada di Simpel LCK. Bagian Input adalah bagian atau menu untuk memasukan data pengolahan nilai yang digunakan di LCK. sedangkan bagian Cetak adalah bagian yang digunakan untuk mencetak Leger, cetak buku induk dan cetak raport.

Bagian Pengaturan dan Penyiapan Data Awal

Bagian Pengaturan terdiri dari 7 bagian, yaitu :

  • Data Sekolah : untuk melengkapi dan mengatur data sekolah yang akan digunakan pada seluruh menu dan fasilitas;
  • Data Kelas : untuk melengkapi dan mengatur data kelas, data wali kelas, data kepala sekolah serta penanggalan raport;
  • Data Kurikulum : mengatur Struktur Kurikulum yang terdiri dari Mata Pelajaran Wajib yang dikelola dalam pembelajaran di kelas;
  • Aturan Kenaikan kelas : mengatur syarat kenaikan kelas;
  • Data Eksta Kurikuler : digunakan memasukan data nama kegiatan ekskul;
  • Data Peserta Didik : digunakan memasukan data induk dari peserta didik;
  • Peminatan : digunakan memasukan mengatur mata pelajaran lintas minat.
  • Tabel Interval : digunakan mengatut interval nilai predikat.

   

Bagian Input dan Pengolahan Nilai

Bagian Input Nilai Terdiri dari : Nilai Mapel (Pengetahuan dan Keterampilan), Nilai Sikap, Nilai Ekskul, Data Kehadiran, Data Prestasi, Catatan Wali Kelas dan Nilai Praktek Kerja Industri (khusus SMK)

Nilai Pengetahuan dan Keterampilan

Nilai Pengetahuan dan Keterampilan di htung dan di kelola oleh Guru Mata Pelajaran, Wali Kelas sebagai pengelola rapor hanya menginput/memasukan nilai kedalam sistem. Disediakan dua fasilitas untuk memasukan nilai mapel, yaitu dengan Import Nilai dari Guru Mapel hasil olahan nilai dengan Simpel Nilai atau menginput langsung nilai mentah dari guru mapel.

Import Nilai, cukup dilakukan dengan cara : (1) Tentukan posisi semester (2) tentukan mata pelajaran (3) Klik Button IMPORT (4) Pilih file nilai yang disetorkan guru mapel (5) Klik OPEN …. selesai

Nilai Sikap

Deskripsi Sikap spiritual dan sosial merupakan hasil observasi guru mapel, guru BK dan wali kelas. Selanjutnya wali kelas merangkum dan menyimpulkannya menjadi deskripsi sikap. Dalam aplikasi wali cukup memasukan indikator penilaian sikap dan point nilai masing-masing indikator untuk setiap siswa. Program secara otomatis akan mereview dan membuatkan profil sikap sesuai dengan nilai masing-masing indikator.

Nilai Kegiatan Ekstra Kurikuler

Menu ini digunakan untuk menginput semua kegiatan pengembangan diri dalam ekskul yang dilakukan oileh peserta didik selama satu semester. Data ini selanjutnya akan digunakan untuk leger, buku induk dan buku rapor

Nilai Praktek Kerja Industri (Khusus SMK)

Data Kehadiran

Menu ini digunakan untuk menginput data ketidak hadiran peserta didik selama satu semester. Data bisa diinput setiap akhir bulan atau akhir semester. Dalam menu ini wali kelas sudah bisa mendeteksi % kehadiran peserta didik, pola pensikapan yang harus dilakukan dalam tiga sekat yang diatur. Misal dibawah 90% kehadiran peringatan 1, dibawah 80% kehadiran peringatan 2 dan dibawah 70% kehadiran peringatan 2. Pola ini dapat dikondisikan sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah.

Data Prestasi

Menu ini digunakan untuk menginput data prestasi peserta didik selama satu tahun berjalan. Data selanjut akan muncul di Leger, Buku Induk dan Buku Rapor

Catatan Wali Kelas

Menu catatan wali kelas digunakan untuk memberikan kesempatan kepada wali kelas memberikan motivasi dan saran dalam proses pembelajaran selanjutnya yang bersifat positif.

Bagian Cetak

Bagian Cetak adalah Bagian akhir dari pengelolaan dan pengolahan pada Sistem Penilaian Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan autentik. Dibawah ini ditampikan hasil pengolahan nilai dalam bentuk Raport, Buku Induk dan Leger.