Simpel PAS

Home » Deskripsi Produk » Simpel Teach

Simpel Teach


Simpel Teach adalah sebuah program aplikasi untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan analisis. Pendampingan Simpel Teach pada guru terutama berhubungan dengan kecukupan  supervisi pembelajaran.

Ada beberapa tugas yang harus dikerjakan dan dicukupi oleh guru dalam rangka memberikan pembelajaran kepada siswa. Mulai dari ketersediaan kurikulum, kalender pendidikan, analisis SKL, analisis tujuan mapel, analisis ruang lingkup mapel, pemetaan SK dan KD, analisis materi, analisis pekan efektif, jadwal pembelajaran, program tahunan, program semester, perhitungan KKM, silabus, agenda mengajar, pengelolaan kehadiran siswa, proses penilaian kelas, pembuatan kisi-kisis dan preview ketercapaian kompetensi siswa. Semua tugas tersebut dapat didampingi oleh Simpel Teach dengan mudah dan cepat.

Fasilitas Simpel Teach

____________________________________________________________________________

 1.     Tampilkan Standar Isi (SI)

Menampilkan Standar Isi seluruh mata pelajaran yang diampu oleh guru yang terdiri dari Tujuan Mata Pelajaran, Ruang Lingkup Mata Pelajaran dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran.

2.     Kalender Pendidikan

Fasilitas kalender pendidikan akan secara otomatis terbentuk berdasarkan tahun pelajaran yang berlangsung. Pengguna tinggal menentukan hari-hari penting, hari-hari lfbur pada data kalender. Untuk mengatur data kalender, klik saja button Data Kalender pada menu kalender, kemudian masukan tanggal awal dan akhir masing-masing agenda kegiatan setiap bulannya.

3.     Analisis Pekan Efektif

Analisis perhitungan pekan efektif dan tidak efektif dapat dilakukan dengan mudah dan cepat karena hanya tinggal melengkapi kegiatan-kegiatan yag tidak efektif setiap bulannya. Data ketsersediaan pekan secara keseluruhan tidak perlu dicari karena sudah ada atau tampil secara otomatis.

4.     Analisis Tujuan dan Ruang Lingkup Mata Pelajaran

Analisis Tujuan Mata Pelajaran dan analisis ruang lingkup mata pelajaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

5.        Analisis Materi dan Alokasi Waktu

Analisis materi adalah sebuah langkah yang harus dilakukan untuk membuat desain pembelajaran berdasarkan SK, KD dan Indikator yang dikembangkan. Pada selanjutnya ini akan menjadi landasan dalam membuat bahan ajar.

6.        Pemetaan SK dan KD

Pemetaan SK dan KD adalah sebuah proses pengelompokkan dan pengklasifian SK dan KD dalam ranah kompetensi atau tahapan berfikir serta pembuatan indikator pencapaian kompetensi dan indikator karakter yang akan di tanamkan pada setiap KD.


7.        Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Analisis SKL adalah sebuah langkah pemetaan SK dan KD yang mendukung SKL pada setiap semester.

8.     Jadwal Ngajar

Pada Simpel Teach kita dapat membuat jadwal tugas kita selama satu minggu sesuai dengan beban kerja kita di sekolah.

9.        Program Tahunan

Program tahunan pembelajaran adalah fasilitas yang tampil secara otomatis setelah analisis materi pelajaran dan pemetaan SK KD dilakukan.

10.      Program Semester

Program semester adalah fasilitas yang tampil secara otomatis setelah analisis materi pelajaran dan pemetaan SK KD dilakukan dan tinggal melengkapi dengan memberikan arsir pada kolom time schedulnya saja.

11.        Perhitungan KKM

Perhitungan KKM dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Guru hanya tinggal memberikan tafsiran angka KKM pada kolom kompleksitas, sarana pendukung dan intake siswa pada masing-masing indikator pencapaian kompetensi untuk setiap Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi.

12.      Silabus

Pengembangan silabus mata pelajaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan bantuan Simpel Teach. Guru hanya tinggal melengkapi Kegiatan Pembelajaran (TM, PT dan KMTT) dan sumber belajar.


13.       Pengisian Daftar Kehadiran Peserta Didik

Daftar hadir merupakan fasilitas pelaksanaan pembelajaran yang mengontrol tingkat aktivitas dalam kehadiran. Untuk membuka menu klik button dh pada menu utama maka akan tampil menu daftar hdr pesertdidik.

14.       Pengisian Jurnal Pembelajaran

Jurnal kegiatan adalah berisi semua data dan kejadian pada saat pembelajaran berlangsung. Klik button Ag untuk membuka menu agenda atau jurnal pembelajaran.

14.       Pengelolaan Nilai LHB

Simpel Teach memberikan kemudahan yang sangat baik dalam mengelola dan mengolah nilai hasil belajar peserta didik. Guru dapat mengelola nilai hasil belajar mulai dari tugas harian dan nilai tes yang akan dijadikan nilai harian yang kemudian bergabung dengan nilai tengah semester dan nilai akhir semester. Guru tidak perlu lagi membuat profil ketercapain kompetensi peserta didik karena akan terbentuk secara otomatis jika guru sudah menginput tugas harian, nilai tes, nilai tengah semester dan nilai akhir semester.

Menu Pengolahan Nilai untuk SD, SMP, dan MTs

Menu Pengolahan Nilai SMA dan SMK

15.       Pembuatan Kisi-kisi Soal Ulangan Harian, UTS dan UAS

Fasilitasi pembuatan kisi-kisi membantu pendidik dalam membuat kisi-kisis soal ulangan dengan mudah dan cepat. Klik button kss untuk membuka menu daftar kisi-kisi sehingga akan terbuka seperti di bawah.

emka

%d bloggers like this: