Simpel PAS

Home » Deskripsi Produk » Simpel SPP

Simpel SPP


Simpel SPP adalah aplikasi komputer yang digunakan dalam pengelolaan biaya pendidikan di satuan pendidikan. Pencatatan biaya pendidikan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pengecekan pembayaran peserta didik dapat dilakukan dengan cepat sesuai dengan permintaan. Pembuatan pelaporan keuangan dapat dilakukan berdasarkan peserta didik, berdasarkan waktu, berdasarkan jenis pembaayaran, maupun berdasarkan ketuntasan pembayaran.

Aplikasi ini dapat digunakan di lembaga pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, MTs, SMA, MA, SMK bahkan perguruan tinggi. Kemudahan yang diberikan adalah lembaga pendidikan dapat merancang sendiri kewajiban peserta didik dalam biaya pendidikan. tempo waktu, keringan pendidikan dan lain-lain. Lembaga pendidikan pada akhir dapat memberikan pelayanan paripurna dan transafaran mengenai biaya pendidikan peserta didik kepada wali murid maupun kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Aplikasi ini dalam tahap pengembangan dengan tujuan utama adalah sekolah-sekolah yang memiliki tenaga IT terbatas. Program ini tidak memerlukan tenaga khusus yang sangat menguasai komputer maupun database. Kompetensi pengguna cukup mengerti sedikit komputer dan sistem keuangan sekolah. Target utama pengguna Simpel SPP adalah sekolah yang dalam kondisi tahap pengembangan menjadi sekolah berbasis IT.

Proses Penggunaan Simpel SPP sangat mudah digunakan, langkah penggunakan sebagai berikut:

 

1.    Mengatur Jumlah Kelas tiap tingkat dan jumlah paralel

Langkah pertama pengguna harus mengatur kelas yang ada di sekolah masing-masing tingkat dan jumlah paralel kelas masing-masing tingkat. Pada menu ini sekolah dapat membuat dan mengatur sendiri kondisi rombongan belajar dan jumlah rombel setiap tahun pelajaran berjalan.

.

2.    Menginput Data Siswa dan Posisi Kelas

Langkah kedua mengatur, memasukan data siswa dan pengaturan posisi kelas pada setiap tingkat atau tahun pelajaran berjalan. Pada menu ini sekolah dapat mengatur formasi kelas untuk setiap siswa. Misalnya pada tahun pertama siswa A berada pada kelas 10.2 pada tahun kedua berada pada kelas 11-IPA 1 dan pada tahun ketiga berada pada posisi kelas 12-IPA 2.

.

3.    Mengatur Anggaran Biaya Pendidikan

Langkah Ketiga adalah mengatur biaya pendidikan masing-masing tahun pelajaran pada setiap kelas dan tingkatan. Pada menu ini sekolah dapat mengatur dan membuat item kewajiban biaya pendidikan untuk masing-masing kelas setiap tahun anggaran berjalan.

.

4.    Mengatur Kewajiban Biaya Pendidikan masing-masing Siswa

Langkah keempat dalam mempersiapkan data adalah mengatur kewajiban biaya pendidikan masing-masing siswa secara khusus sesuai dengan biaya pendidikan yang diberlakukan dengan mempertimbangkan pengurangan biaya pendidikan berdasarkan prestasi, bantuan biaya pendidikan siswa miskin, dll. Pada menu ini sekolah dapat mengatur kewajiban pembayaran setiap siswa secara mandiri dan bersifat personal.

5.    Menginput Transaksi Pembayaran

Proses transaksi pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan di Form Input, sebagai pintu utama untuk memasukan data pembayaran biaya pendidikan yang dilakukan oleh siswa. Pada menu ini juga difasilitasi dengan kontroling posisi pembayaran biaya pendidikan siswa tersebut mulai dari jumlah biaya pendidikan, kewajiban pembayaran, total pembayaran yang sudah dilakukan serta rincian pembayaran lengkap dengan tanggal dan jumlah pembayaran.

6.    Melihat dan Mencetak Posisi Pembayaran Siswa

Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan dan mencetak kondisi pembayaran keuangan setiap siswa. Akan tampil seluruh transaksi pembayaran yang pernah dilakukan oleh siswa tersebut lengkap dengan rincian biaya pendidikan yang harus dibayarkan, pengurangan biaya pendidikan dan kewajiban pembayaran yang harus dilakukan serta Jumlah Biaya Pendidikan yang belum terbayar.

.

7.    Melihat dan Mencetak Laporan Harian atau Mingguan

Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan dan mencetak laporan penerimaan pembayaran biaya pendidikan dalam format laporan harian atau mingguan.

.

8.    Melihat dan Mencetak Laporan Bulanan

Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan dan mencetak laporan penerimaan pembayaran biaya pendidikan dalam format laporan bulanan.

.

9.    Melihat dan Mencetak Laporan Pembayaran tiap Kelas

Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan dan mencetak laporan penerimaan pembayaran biaya pendidikan dalam format laporan kondisi pembayaran biaya pendidikan tiap kelas. Fasilitas ini biasanya digunakan untuk membantu proses penagihan tunggakan biaya pendidikan.

 Posted in Simpel SPP

1 Comment

  1. Muh Wahyunto, S.Pd says:

    Saya tertarik untuk digunakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah di desa saya,tapi ada yang sy tanyakan
    pak emka,apakah setiap transaksi bisa dicetak sebagai bukti pembayaran hari itu (sebagai kuitansi)?

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: